APA SIH BAYI TABUNG ??

Kata “bayi tabung” bukan merupakan istilah yang asing di telinga kita. Namun, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan bayi tabung ?
Bayi tabung sebenarnya adalah proses pembuahan sel telur oleh sperma yang terjadi di luar tubuh wanita. Hal ini biasanya dilakukan karena pembuahan secara alami tidak dapat terlaksana.
Istilah keren yang biasanya dipakai untuk menggantikan istilah bayi tabung adalah IVF atau In Vitro Vertilization. In vitro dalam bahasa Latin berarti di dalam gelas/tabung. Sedangkan vertilization dalam bahasa Inggris berarti pembuahan atau pertemuan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina dalam hal ini adalah sel telur/ovum dengan sperma.


 Karena proses pembuahan secara alami tidak dapat terlaksana baik karena satu atau beberapa hal, maka sel telur yang sudah matang diambil dari indung telur untuk kemudian dipertemukan atau dibuahi oleh sperma di dalam sebuah medium cairan. Setelah pembuahan berhasil, embrio kecil yang terbentuk sebagai hasil dari pembuahan tersebut dimasukkan kembali ke dalam rahim dengan harapan dapat terus berkembang hingga menjadi bayi. Bayi yang dilahirkan dengan proses tersebut di atas dinamakan dengan bayi tabung.

4 komentar:

Fanny H. mengatakan...

Berapa sih perkiraan biaya untuk pembuatan bayi tabung?

winda mengatakan...

Apakah benar embrio hasil pembuahan in vitro bisa disimpan dan dibekukan untuk dipergunakan lagi berpuluh-puluh tahun ke depan?

Faizah Isnawati mengatakan...

Embrio hasil pembuahan in vitro yang belum dipergunakan memang bisa disimpan dalam bentuk embrio beku.

Diah mengatakan...

Biaya untuk pembuatan bayi tabung mestinya sangat bervariasi tergantung dari situasi, kondisi dan faktor-faktor lainnya.

Posting Komentar